Selasa, 10 Mei 2016

belajargis_official

Membuat efek 3D dengan Hillshade pada Arcgis 10.3

   
      Pada dasarnya efek 3D dengan Hillshade merupakan metode perwarnaan atau tampilan yang di dasarkan dengan perwarnaan yang baik sehingga diperoleh tampilan 3D dari suatu peta, kita akan membuat efek 3D menggunakan Arcgis versi 10.3 berikut caranya :







Step 1. Siapkan file DEM, file GDEM dapat di download di earthexplorer.usgs.gov dan cara mendownloadnya dapat dilihat di situs kami belajararcgis.blogspot.co.id


Step 2. buka Arcgisnya kemudian Add Data file DEM setelah itu Ubah koordinat system file DEM yang tadi kita masukkan  kedalam Arcgis dalam bentuk “UTM” dan unitx “meters”, pengalaman kami menggunakan koordinat geografis tidak akan berhasil.

Step 3. pada layer Arcgis 10.3 Klik 2x pada file DEM tadi kemudian akan muncul layer properties  pada menux pilih Symboloy lalu ubah “color Range”, color range sangat berpengaruh pada saat tampilan 3D untuk itu pilih warna yang tidak menyolok dan sesuai untuk ditampilkan.




Step 4. Kemudian buka “arctoolbox”--> 3D Analyst Tools --> Raster Surface --> Hillshade (klik 2x)


Step 5. Pada hillshade Input raster dan tentukan folder penyimpanannya

Step 6. Setelah itu klik 2x file hillshade yang telah dibuat kemudian muncul layer properties --> “display” --> “transparency” isikan “60 %” --> OK

selamat mencoba..!

ARTIKEL TERKAIT :






belajargis_official

About belajargis_official -

Author Description here.. belajararcgis.blogspot.co.id

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar